Sunday, November 25, 2018

Aplikasi Catatan Android & iOS Terbaik Bisa Sinkron dengan Komputer - Google Keep

Halo sahabatku, kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang aplikasi yang biasanya saya pakai untuk menulis atau mencatat segala keperluan saya. Aplikasi ini menurutku aplikasi terbaik untuk keperluan mencatat sobat.

Google Keep - Notes and Lists

Yupz, aplikasinya adalah Google Keep. Sebelumnya saya juga pernah pakai aplikasi lain sejenis diantaranya: Evernote, ColorNote dsb. Namun karena tidak nyaman menggunakan aplikasi tersebut, pada akhirnya saya hanya pakai Keep Note untuk aplikasi catatan saya. Sebelumnya sih tidak terlalu bagus tampilanya tapi update terbaru aplikasi ini sangat membuat saya nyaman dalam menulis segala catatan saya.

Karena dinyamankan dengan aplikasi Google Keep, kali ini saya ingin memberikan gambaran tentang aplikasi ini serta sedikit tips cara instalasi google keep di android maupun pada komputer sobat.

Kelebihan Google Keep

  1. Selalu Sinkron dan Aman, Catatan pada Aplikasi Android dapat sinkron dengan Google Keep Desktop, hal ini dikarenakan catatan sobat tersimpan di Cloud, selain itu jika catatan sobat ter-delete dengan tidak sengaja, sobat bisa masuk ke menu Deleted/Bin untuk Recovery.
  2. Tampilan Menarik sehingga sobat ketika menulis dengan aplikasi ini akan terasa nyaman.
  3. Tersedia fitur Reminders, dengan ini sobat dimudahkan jika catatan sobat mau dijadikan reminder setiap hari, minggu, bulan untuk keperluan-keperluan sobat.
  4. Tersedia fitur Labels, dengan fitur ini sobat akan mudah dalam mengkategorikan catatan-catatan sobat. 
  5. Tersedia fitur Archive, dengan fitur ini sobat bisa mengarsipkan catatan-catatan yang sudah tidak diperlukan lagi untuk saat ini.
  6. Tersedia fitur Draw Touch Screen, dengan fitur ini sobat bisa menggambar sesuai dengan imajinasi sobat.
  7. Tersedia fitur Record Suara, dengan fitur ini sobat dapat recording suara sobat maupun suara yang akan sobat record, sekaligus membuat record suara menjadi teks tulisan.
  8. Tersedia fitur Upload Gambar, sobat bisa meng-upload gambar-gambar sebagai pendukung catatan-catatan sobat.
  9. Easy Switch Account Google Keep, sobat dimudahkan menganti account google yang mungkin sobat punya beberapa account google dan masing-masing account berbeda isi catatan.

1. Install Google Keep di Android

Untuk memasang aplikasi Google Keep pada smartphone android sobat sangatlah mudah yang penting smartphone sobat terhubung dengan internet, untuk instalasinya sobat cukup:
  1. Buka aplikasi Google Play Store.
  2. Cari dengan kata kunci "google keep" atau bisa langsung klik > Google Keep.
  3. Klik Install / Pasang.
  4. Tunggu proses Download dan Instalasi apk-nya
  5. Selesai.
Jika sobat tidak mempunya koneksi internet, sobat bisa minta tolong teman sobat untuk download-kan di smartphone teman sobat, kemudian kirim apk Google Keep via aplikasi SHAREit atau sejenisnya.

2. Install Google Keep di Komputer

Sebenarnya tidak ada aplikasi installer khusus untuk Windows maupun Linux, aplikasi Google Keep hanya tersedia untuk sistem operasi android dan ekstensi browser Google Chrome. Nah, kali ini kita memanfaatkan ekstensi browser Google Chrome untuk bisa dipakai pada komputer sobat.

Untuk memasang dikomputer sobat, simak langkah-langkah berikut:
NB: Pastikan sobat sudah install aplikasi Google Chrome
  1. Buka Aplikasi Google Chrome.
  2. Buka Google Chrome Web Store, klik link berikut: https://chrome.google.com/webstore/category/extensions
  3. Cari "google keep".
  4. Klik "Tambahkan ke Chrome" atau "Add to Chrome".
  5. Tunggu Proses sampai selesai.
  6. Buka Chrome Apps: chrome://apps.
  7. Klik Kanan icon Google Keep - Create Shortcuts / Buat Pintasan.
  8. Centang / Check (Desktop & Pin to Taskbar).
  9. Buat.
Setelah selesai, shortcuts Google Keep akan tampil pada Desktop & Taskbar.

Oke, demikian artikel tentang Aplikasi Catatan Android & iOS Terbaik Bisa Sinkron dengan Komputer - Google Keep, semoga bermanfaat. Terimakasih...


EmoticonEmoticon